MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN
MELALUI
PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME
Wahyu Sukartiningsih
Abstrak: Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengkaji efektivitas pembelajaran
konstruktivisme dalam
meningkatkan kemampuan membaca dan
menulis permulaan
(MMP) di
kelas 1 sekolah
dasar (SD). Penelitian ini
menggunakan tiga siklus
pembelajaran kontruktivisme, yaitu
(1) mengenalkan huruf
dengan media kartu
kata
bergambar,
(2) membaca dan menulis kata dan suku
kata berulang dengan media cerita
bergambar yang
didesain khusus, dan
(3) membaca dan
menulis kalimat sederhana
dengan
media cerita bergambar yang didesain khusus. Hasil analisis data menunjukkan
bahwa pembelajaran konstruktivisme dapat
meningkatkan kemampuan membaca dan
menulis permulaan siswa
dalam bentuk: 1)
menurunnya membaca dengan
mengeja
sehingga
dapat meningkatkan kelancaran membaca dan menulis siswa, (2) meningkatnya
pemahaman
siswa terhadap bahan bacaan, dan 3) meningkatnya minat dan motivasi siswa
untuk
membaca dan menulis permulaan.
Kata
kunci: pembelajaran, kontruktivisme, membaca dan menulis permulaan
Terdapat tiga siklus dalam
pembelajaran kontruktivisme, yaitu (1) mengenalkan huruf melalui media gambar,
(2) membaca dan menulis kata dan suku kata secara berulang dengan menggunakan
media gambar yang didesain khusus, dan (3) membaca dan menulis kalimat melalui
media gambar yang didesain khusus.
Dalam pembelajaran kontruktivisme ini kita
dapat meninggkatkan kemampuan membaca dan menulis pada siswa dalam bentuk :
1 Kelancaran membaca pada siswa
2 Pemahaman bacaan
3 Minat dan motivasi siswa untuk
menulis dan membaca
Kenalkan
pada anak istilah bahwa "baca buku, buka dunia"
0 komentar:
Posting Komentar