Selasa, 10 Juli 2012

Resensi dari novel 60000 mil di bawah laut





1.      Identitas Buku                       :

·         Judul                           : 60.000 Mil Di Bawah Laut
·         Judul asli                     : Twenty Thousands Leagues Under The Sea
·         Pengarang                   : Jules Verne
·         Penerbit                       : PT Elex Media Komputindo
·         Cetakan                       : Mei 2010
·         Tebal                            : 404 hlm
·         Harga Buku                 : Rp. 51.000
·         Jenis Buku                   : Fiksi
·         Kategori                      : Pertualangan
·         Dimensi(L x P)            : 135x200mm



            Saya kupikir sangat tepatlah kalau aku bilang bahwa buku ini merupakan salah satu buku wajib baca hingga kapanpun! Kalau buku dikatakan sebagai kendaraan kita untuk menapaki imajinasi kita yang paling liar, maka buku ini adalah buktinya. Meski mereka yang tertarik pada ilmu kelautan pasti mendapati banyak keasyikan di buku ini. Buku ini adalah sebuah fiksi yang dibaurkan dengan ilmu pengetahuan. Atas hasil karya Jules Verne yang menuangkan imajinasinya yang hebat ke buku ini dan mengajak kita berpetualang bersamanya.

2.      Tujuan Pengarang

Pengarang menuliskan imajinasi yang ada dipikiran pengarang dan mengembangkan cerita itu ke dalam sebuah paragraf (sebuah buku)

3.      Sinopsis

            Pada sekitar tahun 1866 terjadilah fenomena menggemparkan di lautan seluruh dunia tentang munculnya sesosok makhluk yang sangat besar, yang mampu berenang dengan kecepatan tinggi, badannya sangat keras sehingga tak mempan oleh senjata, namun sangat besar kemampuannya melubangi lambung kapal layar hingga membuatnya tenggelam. Banyak insiden terjadi di beberapa laut, dan seperti biasanya, cerita maupun legenda itu lalu menjadi puluhan versi yang simpang siur dan akhirnya diragukan orang sebagai suatu fakta.

Adalah seorang ilmuwan kelautan bernama Profesor Aronnax dari Prancis yang mendapatkan kesempatan emas untuk turut serta berlayar dengan kapal Abraham Lincoln yang berbendera Amerika Serikat. Kapal ini membawa misi besar: menemukan dan menghabisi monster laut yang telah menjadi momok di lautan dan meresahkan semua negara, yang saat itu dijuluki dengan: Narwhal. Aronnax didampingi oleh asistennya yang setia dan berkarakter tenang dan sopan: Conseil. Tokoh ketiga adalah Ned Land, orang Kanada yang terkenal sebagai pembunuh ikan paus dengan senjata harpun (semacam tombak) yang paling ulung. Ia turut serta karena monster laut itu diperkirakan sejenis mamalia berkulit keras yang dalam dunia sains disebut cetacean.

Abraham Lincoln memang akhirnya bertemu dengan monster laut itu, namun 100% meleset dugaan semua orang, si cetacean raksasa itu ternyata bukanlah mamalia, melainkan sebuah kapal selam!


Sayangnya, atau dalam beberapa hal boleh dibilang untungnya, fakta itu terungkap setelah Aronnax, Conseil dan Ned Land terlempar dari Abraham Lincoln pada saat mereka sedang menyerang si kapal selam. Mereka bertiga terlempar ke laut, dan akhirnya ditolong oleh si kapal selam yang dijuluki Nautilus, milik seseorang misterius bernama Kapten Nemo.

4.      Keunggulan Buku

·         Buku ini memiliki nilai imajinasi yang sangat besar sekali, yang mampu membawa kita berada dalam pertualangan hebatnya.

·         Buku ini juga memiliki harga yang murah karena dengan harga sedemikian kita dapat di ajak untuk berpetualang dan berimajinasi.


5.      Kelemahan Buku

·         Dalam tinjauan bahasa, isi bacaan yang terdapat dalam buku ini agak terbelit belit karena memiliki cerita yang panjang dan berurutan maka kalau tidak paham isi cerita dari awal kita tidak bisa memahami dan memperoleh pengalaman yang sungguh-sungguh fantastic.

·         Alur cerita agak datar dan banyak diselingi fakta ilmiah



            Rasanya kita harus mengucapkan terima kasih pada penerbit Elex yang telah menerjemahkan novel klasik ini sehingga bisa kita menikmati buku ini.
Buku ini pantas untuk semua orang yang hobi berpetualang khususnya dalam bidang kelautan  karena dalam buku ini menceritakan tentang teknologi yang canggih dan kehidupan di bawah laut. Bagaimana pun juga, buku ini tetap sayang untuk dilewatkan. Kisah fiksi memang sangat banyak, tapi jarang ada yang mengungkapkan keagungan alam dalam sebuah buku.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews